BAHTSUL MASA'IL EDISI SIYASI
1. URF SYAR'I TENTANG JIHAD
Deskripsi
Apakah
kecenderungan peletakan istilah jihad dalam ungkapan Alqur'an dan Hadits
Nabawi?
Jawaban.
Dalam Alquran dan Hadits tidak ada kecenderungan arti jihad pada makna tertentu.
Jihad, dalam bahasa Alquran dan Hadits maknanya sesuai dengan konteks asbab
al-nuzul dan asbab al-wurud-nya.
Referensi
1.
روح المعاني للألوسي الجزء السابع عشر ص: 209-210 دار إحياء التراث العربي
2. أحكام القرأن للجصاص الجزء الثالث ص 171-172 دار الفكر
3. الموسوعة الفقهية
الجزء السادس عشر ص: 125 وزارة الأوقاف
والشئون الإسلامية بالكويت
4. التاج والإكليل لمختصر خليل الجزء الرابع ص: 536-537 للعبدري المالكي دار الكتب العلمية
5. الفوائد الجنية ص:
283 دار الفكر
6. جمع الجوامع هامش حاشية البناني الجزء الأول ص: 327-328
Pertanyaan
Apakah
amaliah nyata sebagai media mengekspresikan jihad bagi individu dan kelompok Muslim?
Jawaban
Amaliah
nyata yang paling tepat dapat dilakukan melalui berbagai upaya maksimal (badzl
al-Juhd) dengan tetap memperhatikan situasi dan kondisi, semisal dengan dakwah
dan transformasi budaya di saat era komunikasi global memberi peluang melakukan Iqâmah ad-dalîl dengan berbagai media dan teknologi.
Referensi
1.
فقه السيرة ص170
2. الفقه المنهجى على مذهب الإمام الشافعى المجلد الثالث ص: 475 دار القلم
3. الموسوعة الفقهية
الجزء السادس عشر ص: 125
4. إعانة الطالبين الجزء الرابع ص: 180-181 دار الفكر
5. رد المختار على الدار المختار الحنفي الجزء الرابع ص: 121
6. كشاف القناع عن متن الاقناع بمنصور بن يونس البهيتى الحنبلى الجزء الثالث ص :36
Deskripsi
Bagaimana
hukum berjihad di NKRI yang telah merdeka dan berdaulat?
Jawaban
Untuk
jihad yang diartikan mengangkat senjata tidak diperbolehkan, karena mereka
telah mendapatkan jaminan keamanan dari pemerintah, disamping juga sangat
membahayakan pada umat Islam.
Referensi
1.
العزيز شرح الوجيز للإمام الرافعي الجزء الحادي عشر ص: 479 دار الكتب العلمية
2. الفتاوى الهندية الجزء الثاني ص: 188 لجنة علماء برئاسة نظام الدين البلخي الحنفي دار الفكر
3. بغية المسترشدين ص:
225
4. بغية المسترشدين ص:
225
5. قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين ص: 211-212
6. قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين ص : 199- 200
7. العزيز شرح الوجيز للإمام الرافعي الجزء الحادي عشر ص: 475
8. المجالس السنية ص :
105
9. التشريع الجنائى الإسلامى لعبد القادر عودة الجزء الأول ص :529-532 مؤسسة الرسالة
10. شرح السير الكبير للسرخسي الحنفي الجزء الأول ص: 191 الشركة الشرقية للإعلانات
11. الموسوعة الفقهية الجزء السادس ص: 235 وزارة الأوقاف الكويتية
12. التفسير المنير لوهبة الزحيلي الجزء العاشر ص: 115
13. الأحكام السلطانية للماوردي ص: 138 دار الفكر
Deskripsi
Sarana
(instrumen) apa yang efektif dalam jihad bagi WNI di dalam negeri sendiri?
Jawaban
Iqamatul hujaj / dalil dengan berbagai cara yang efektif dan efisien.
Referensi
1.
مغنى المحتاج الجزء السادس ص: 10
2. الموسوعة الفقهية الجزء السادس عشر ص: 125
Pertanyaan
Siapakah
musuh atau sasaran yang menjadi target akhir dalam jihad?
Jawaban
Kaum musyrik
yang menindas orang Islam dan melumpuhkan sendi-sendi agama Islam.
Referensi
1.
التشريع الجنائى الإسلامى الجزء الأول ص :529-532 مؤسسة الرسالة
2. أحكام القرآن لابن العرابي الجزء الثانى ص: 456 دار الفكر
Deskripsi
Tepatkah
jika tindak kekerasan (teror) merepresentasikan jihad kaum Muslimin di
Indonesia?
Jawaban
Sangat
tidak tepat, karena beberapa alasan:
- Aksi
teror bukanlah jihad.
- Medan dan
sasaran aksi teror tidak seperti ajaran jihad dalam Islam.
- Banyak
menjatuhkan korban warga yang tidak berdosa.
- Tidak
mengukur maslahah dan mafsadah dari aksi yang dilakukan.
- Berdampak
negatif pada umat Islam
Referensi
1.
حدود ابن عرفة لمحمد بن قاسم الرصاع ص: 130 المكتبة العلمية
2. كشاف القناع للبهيتي الجزء الثالث ص: 33 دار الكتب العلمية
3. إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 315 - 316 دار إحياء الكتب
4. إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 327
5. حاشية الجمل على المنهج الجزء الخامس ص: 182 – 183 دار الفكر
6. الأحكام السلطانية للماوردي ص : 134 دار الفكر
7. بغية المسترشدين ص : 156 دار الفكر
8. الفقه الإسلامى وأدلته لوهبة الزحيلي الجزء السا دس ص: 423 دار الفكر
9. الحاوى للفتاوى للسيوطي الجزء الأول ص : 123
10. الحاوى للفتاوى للسيوطي الجزء الأول ص : 120
11. إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 325 – 328 دار إحياء الكتب العربية
2.
JIHAD DALAM KEHIDUPAN BERNEGARA DAN
BERMASYARAKAT
Pertanyaan
Dapatkah
dibenarkan menurut ajaran Islam bila dilakukan jihad terhadap pemerintah RI
dengan tuduhan sebagai negara kafir karena tidak menjalankan syari'at Islam
sebagai hukum positif?
Jawaban.
Tidak
dibenarkan, karena penegakan hukum Islam tidak harus dengan mendirikan negara
yang berasaskan Islam, tapi cukup dengan memberlakukan undang-undang yang
tidak bertentangan dengan hukum Islam.
Alt: Tidak
dibenarkan, karena penegakan supremasi hukum Islam tidak diperbolehkan dengan
melakukan revolusi total/kudeta terhadap pemerintahan yang masih menjamin
kegiatan keagamaan di tanah air, dan cukup dengan melakukan amar ma'ruf nahi
munkar sesuai prosedurnya. Dan, status Indonesia tidak menjadi negara kafir.
Referensi
1.
التشريع الجنائي الإسلامى لعبد القادر عودة
الجزء الأول ص: 223 مؤسسة الرسالة
2. التشريع الجنائى الإسلامى لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 101
3. التاج والإكليل لمختصر خليل الجزء الثامن ص: 366 للعبدري المالكي دار الكتب العلمية
4. الإمامة العظمى عند أهل السنة والجماعة لعبد الله بن عمر بن سليمان الدميجي ص : 589 دار الهيبة
5. التشريع الجنائي الإسلامي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 290-291 مؤسسة الرسالة
6. التشريع الجنائي الجزء الأول ص : 237
مؤسسة الرسالة
7. بدائع الصنائع لأبي بكر مسعود بن أحمد الكاساني الجزء التاسع ص : 518-521 دار الكتب العربية
8. الموسوعة الفقهية الجزء العشرون ص: 202-203 وزارة الأوقاف الكويتية
9. تحقيق الوسيط الجزء الرابع ص: 292 دار الكتب العلمية (أبي عمر الحسيني بن عمر بن عبد الرحيم)
10. شرح السير الكبير للسرخسي الحنفي الجزء الأول ص 188-189 الشركة الشرقية للإعلانات
11. إسعاد الرفيق الجزء الثانى ص: 93 دار إحياء الكتب
12. حاشية الجمل على شرح المنهج الجزء الخامس ص: 182 – 183
دار الفكر
13. اتحاف السادة المتقين الجزء السابع ص : 25 دار الفكر
14. اتحاف السادة المتقين للزبيدي الجزء السابع ص: 27 دار الفكر
15. إسعاد الرفيق الجزء الأول ص: 66
16. الأدب النبوى لمحمد عبد العزيز الخولي ص: 96 دار الفكر
17. الفقه الإسلامي وأدلته لوهبة الزحيلي الجزء السادس ص : 705
18. اتحاف السادة المتقين الجزء السابع ص :26 – 27 دار الفكر
19. التشريع الجنائى الإسلامى لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 228 – 229 مؤسسة
20. التشريع الجنائى الإسلامى لعبد القادر عودة الجزء الأول ص : 101
Pertanyaan
Bolehkah dilaksanakan jihad dengan target mengganti
NKRI yang berdasar Pancasila dan UUD 1945 menjadi Daulat Islamiyah?
Jawaban
Tidak dibenarkan, karena penerapan syariat Islam
tidak harus dengan label undang-undang negara berdaulat Islamiyah. Namun tetap
wajib melakukan amar ma'ruf nahi munkar pada pemerintah jika kebijakannya tidak
sesuai dengan aturan syariat, dengan tetap memperhatikan prosedurnya.
Referensi
1.
حجة الله البالغة الجزء للدهلوي الأول ص: 272-273 دار المعرفة
2. قواعد الأحكام في مصالح الأنام لعز الدين ابن عبد السلام الجزء الأول ص: 77 دار الكتب العلمية
3. التشريع الجنائى الإسلامى لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 223 مؤسسة الرسالة
4. سبل السلام للصنعاني ج 2 ص 374 دار الحديث
5. الموسوعة الفقهية الجزء الثالث والثلاثون ص 297
Pertanyaan
Adakah perintah jihad melawan WNA yang tinggal di
Indonesia dalam jangka waktu lama/ sementara dengan alasan negara asal mereka
mengintimidasi umat Islam?
Jawaban.
Tidak ada perintah jihad dengan target WNA di
Indonesia, karena mereka mendapat jaminan keamanan (kafir musta'man) dari
pemerintah bagi yang tinggal sementara waktu dan menjadi kafir dzimmi bagi yang
tinggal menetap.
Referensi
1.
بغية المسترشدين ص: 225
2. حدود ابن عرفة ص: 130
3. قرة العين بفتاوي إسماعيل
الزين ص: 211-212
4. قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين ص : 199- 200
Pertanyaan
Layakkah senjata organik TNI/Kepolisian RI
distatuskan sebagai harta fai' dan boleh dilucuti dalam kerangka jihad?
Jawaban
Tidak layak, karena tidak sesuai dengan pengertian fai’
itu sendiri.
Referensi
1.
الموسوعة الفقهية الجرء الثامن ص 246-247
2. تحفة المحتاج في شرح المنهاج الجرء السابع ص 129
Pertnyaan
Wajibkah diupayakan terbentuk pemerintahan
internasional berasas Islam dengan sistem kepemimpinan khalifah dan
negara-negara yang berpenduduk Muslim diberlakukan sebagai negara federal
(manthiqi) pada masa sekarang?
Jawaban
Tidak wajib, karena membentuk Daulah Islamiyyah
pada masa sekarang ini terbukti tidak efektif, menimbang luasnya wilayah dan
keanekaragaman budaya.
Referensi
1.
الإمامة العظمى عند أهل السنة والجماعة لعبد الله بن عمر بن سليمان الدميجي ص: 551-561 دار الهيبة
2. الجامع لأحكام القرآن (تفسير القرطبى) الجزء الأول ص : 273-274 دار الشعب
3. الغياثي للإمام الحرمين ص : 81 دار الكتب العلمية
4. الأحكام السلطانية للماوردى ص : 9 دار الفكر
5. شرح النيل وشفاء العليل الجزء السابع عشر ص :517 (لمحمد بن يوسف بن عيسى أطفيش الإباضي) مكتبة الإرشاد
6. إعلام الموقعين لابن القيم الجوزية الحزء الثالث ص: 116 دار الكتب العلمية
7. الموسوعة الفقهية الجزء السادس ص: 227
8. الموسوعة الفقهية
الجزء 11 ص: 43
9. أسنى المطالب للشيخ زكريا الأنصاري الجزء الرابع ص: 111 دار الكتاب الإسلامي
10. التشريع الجنائ الإسلامى الجزء الأول ص: 290-291 مؤسسة الرسالة
Pertanyaan
Apakah terhadap warga negara Indonesia yang
menganut keyakinan/agama lain harus diposisikan sebagai musuh atau lawan dalam
mengimplementasikan konsep jihad?
Jawaban
Tidak, kita harus selalu berdampingan mesra dengan
mereka namun sembari mengajak mereka pada kebenaran Islam.
Referensi
1.
حدود ابن عرفة ص: 130 المكتبة العلمية
2. مراح لبيد تفسير النووى الجزء الأول ص : 94 الناشر الرضى جاكرتا
3. أحكام القرآن للجصاص الجزء الأول ص 618-619 دار الفكر
4. أحكام القرآن لابن العرابي الجزء الثانى ص: 456 دار الكتب العلمية
3.
BERAGAMA ISLAM SECARA KAFFAH
Pertanyaan
Bagaimana kecenderungan mufassirin
(mutaqaddimin-mutaakhirin) dalam menyimpulkan perintah memasuki Islam secara
kaffah sesuai teks ayat (QS. Al-Baqarah: 208)?
Jawaban.
- Penerapan
syariat secara utuh dan sempurna.
- Seluruh
manusia yang beriman pada waktu itu (ahli kitab) diperintahakan masuk Islam
- Dapat memasukkan keduanya
Referensi
1.
اللباب في علوم الكتاب لأبي حفص عمر بن علي
ابن عادل الدمشقي الجزء الثالث ص: 474 دار
الكتب العلمية
2. اللباب في علوم الكتاب لأبي حفص عمر بن علي ابن عادل الدمشقي الجزء الثالثص: 476-477 دار الكتب العلمية
3. الفتوحات الإلهية الجزء الأول ص: 270 للجمل (سليمان بن عمر العجيلي الشافعي) مطبعة دار الفكر
4. التفسير المنير لوهبة الزحيلي الجزء الثاني ص 232-233 دار الفكر المعاصر
5. الجامع لأحكام القرآن للقرطبي الجزء الثالث ص: 22-23
6. تفسير البيضاوي الجزء الأول ص: 492-493 دار الفكر
Pertanyaan
a. Apakah manifestasi berislam
secara kaffah mengharuskan pemberlakuan syari'at Islam dalam kehidupan
bernegara (konstitusional) dan kehidupan bermasyarakat (kultural) di Indonesia?
b. Berdosakah orang Islam di
Indonesia karena membiarkan tidak diamalkannya ajaran syari'at Islam oleh
negara tempat ia menetap tinggal?
Jawaban
a. Pemberlakuan syariat Islam
secara konstitusional maupun kultural tidak harus dilakukan, selama konstitusi
dan kultur di Indonesia masih mengindahkan tuntunan Alqur’an dan Assunnah.
b. Tidak berdosa, selama telah
berusaha melakukan amar ma’ruf dengan semampunya awalaupun hanya inkar bil
qalbi.
Referensi
1.
غاية تلخيص المراد بهامش بغية المسترشدين ص : 263 دار الفكر
2. بغية المسترشدين ص:
271 دار الفكر
3. تشريع الجنائ الإسلامى الجزء الأول ص: 223 مؤسسة الرسالة
4. التاج والإكليل لمحمد بن يوسف العبدري المالكي الجزء الثامن ص: 366 دار الكتب العلمية
5. تشريع الجنائي الإسلامي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 290-291 مؤسسة الرسالة
6. أحكام القرآن للجصاص الجزء الثاني ص: 686 دار الفكر
7. فتح البارى الجزء الثالث عشر ص: 8 دار الفكر
Pertanyan
Bolehkah masing-masing WNI yang beragama Islam atau
kelompok mereka menerapkan secara sepihak hukum publik yang menjadi bagian dari
syari'at Islam (seperti hukum jinayat)?
Jawaban
Tidak diperbolehkan karena beberapa alasan:
- Wewenang
pelaksanaan hukuman had, mutlak ada ditangan Imam (pemerintah).
- Dampak
maslahah yang dihasilkan relatif lebih kecil dibanding mafsadah yang
ditimbulkan.
Referensi
1.
التشريع الجنائي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 755 مؤسسة الرسالة
2. روضة الطالبين الجزء الأول ص: 102
3. التشريع الجنائي الإسلامي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 757 مؤسسة الرسالة
4. نصب الراية قي تخريج أحاديث الهداية الجزء الرابع ص: 120
5. التشريع الجنائي الإسلامي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 293 مؤسسة الرسالة
6. المحلي الجزء الرابع ص: 123 دار إحياء الكتب العربية
7. السراج الوهاج ص :
491
8. إ تحاف سادة المتقين الجزء السابع ص: 46
دار الفكر
9. نهاية الزين الجزء الأول ص: 367
دار الفكر
10. حاشية الجمل على شرح المنهج الجزء الخامس ص: 182 – 183
11. التشريع الجنائي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 752 مؤسسة الرسالة
12. التشريع الجنائي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص : 237
مؤسسة الرسالة
13. إسعاد الرفيق الجزء الجزء الثانى ص : 92 مكتبة " الهداية " سورابيا
14. كشاف القناع للبهيتي الحنبلي الجزء السادس ص: 78 دار الكتب العلمية
Pertanyaan
Sesuaikah dengan prinsip ahkam sulthaniyyah bila
secara diam-diam sekelompok umat Islam di Indonesia membai'at dan mengesahkan
amir/pemimpin Islam guna menjadi landasan legitimasi ibadah atau pengamalan
agama kelompok tersebut?
Jawaban
Tidak sesuai, karena beberapa alasan, di antaranya:
- Prosedur
pengangkatan yang dilaksanakan tidak sesuai dengan tatacara syariat.
- Kewajiban
taat terhadap pemimpin yang telah ada meskipun jâir memberikan implikasi
sebutan bughat/pembelot bagi kelompok yang indisipliner (tidak taat) serta
berani memproklamirkan seorang pemimpin (al-muthâ’) di tengah-tengah kelompoknya,
dlsb.
- Kecuali
jika yang dikehendaki dengan Amir atau pemimpin Islam di sini sekedar pemimpin
spiritual bukan pemimpin negara.
Referensi
1.
الإمامة العظمى عند أهل السنة والجماعة ص: 158 دار طيبة
2. حاشية الباجوري الجزء الثاني ص : 371
3. اتحاف السادة المتقين الجزء الثانى ص: 232-233 دار الفكر
4. حاشية الجمل شرح المنهج الجزء الخامس ص : 336
5. الأحكام السلطانية للماوردي
ص:6
6. الإمامة العظمى عند أهل السنة والجماعة ص : 84 - 85 دار طيبة
7. الفقه الإسلامى
وأدلته لوهبة الزحيلي الجزء السادس ص : 685
8. كشاف القناع للبهوتى الحنبلى الجزء السادس ص : 205
9. التشريع الجنائى الإسلامي لعبد القادر عودة الجزء الثانى ص: 675
Pertnyaan
Sebagai konsekuensi Islam kaffah, haruskah
dilakukan jihad guna menangkal praktik kemungkaran oleh WNI non-Muslim, seperti
lokalisasi PSK, penjualan/ konsumsi minuman keras, budidaya hewan babi, arena
hiburan yang penuh maksiat, dan lain sebagainya?
Jawaban
Dalam konteks ke-Indonesia-an, upaya penanggulangan
maksiat seperti di atas harus sesuai dengan konsep dan prinsip amar ma’ruf nahi
munkar, bukan jihad.
Referensi
1.
حاشية الجمل على شرح المنهج الجزء الخامس ص:
182 دار الفكر
2. اتحاف السادة المتقين الجزء السابع ص : 25 دار الفكر
3. اتحاف السادة المتقين
الجزء السابع ص: 27 دار الفكر
4. بغية المسترشدين ص: 251 – 252 دار الفكر
5. إسعاد الرفيق الجزء الأول ص: 66
6. اتحاف السادة الجزء السابع ص : 25 دار الفكر
7. إحياء علوم الدين الجزء الثاني ص : 337دار احياء الكتب العربية
8. قواعد الأحكام الجزء الأول ص : 77 دار الكتب العلمية
9. الحاوى للفتاوى الجزء الأول ص : 120
10. إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 327
4.
STATUS MATI SYAHID BAGI PELAKU BOM BUNUH DIRI
Deskripsi
Apa sajakah kriteria agar terpenuhi status mati syahid
dengan prospek masuk sorga menurut pandangan ulama ahli syari'at?
Jawaban
- Kriteria
syahid dunia dan akhirat adalah mereka yang nyata meninggal atau kecil peluang
hidupnya disebabkan peperangan melawan kaum kufar di medan peperangan.
- Sedangkan
syahid akhirat adalah mereka yang meninggal dunia disebabkan penyakit perut,
tenggelam, terkena wabah Tha’un, mati karena i’syqan (rindu berat), sebab
sakitnya melahirkan, terbunuh secara dhalim, saat mengembara, saat menuntut
ilmu, terbakar, tertimpa reruntuhan, mati mendadak, mati di negara kafir, mati
karena mempertahankan harta, nyawa, saudara dan tetangga dan mereka yang mati
dalam memperjuangkan amar ma’ruf nahi munkar. Semuanya ini dengan syarat tidak
didahului oleh sebab-sebab maksiat.
Referensi
1.
نهاية الزين ج: 1 ص: 160- 161
2. فيض القديرالجزء
الرابع ص: 410
3. الترمسي الجزء الثالث
ص: 454-456
4. إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 237 دار احياء الكتب العربية
5. اتحاف السادة المتقين
الجزء السابع ص:26 – 27 دار الفكر
Pertanyaan
Syahidkah jenazah gerakan separatis yang ingin
memisahkan diri dari NKRI dan menciptakan negara Islam untuknya?
Jawaban
Tidak, namun apabila didasari keyakinan yang benar
(ta’wil sa’igh), jenazahnya dihukumi muslim dan tidak menutup kemungkinan ia
juga termasuk syahid akhirat.
Referensi
1.
الموسوعة الفقهسة الجزء الثامن ص: 151
2. الأم للإمام الشافعي الجزء ارابع ص: 235 دار المعرفة
3. إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 328 دار إحياء الكتب العربية
4. الزواجر عن اقتراف الكبائر لابن حجر الهيتمي الجزء الثاني ص: 280-281 دار الفكر
Pertanyaan
Berstatus mati syahid-kah pelaku teror di Indonesia
yang berdasar hukum positif (UU anti terorisme) harus dieksekusi sesuai putusan
majlis hakim yang mengadilinya?
Jawaban
Tidak bisa
Referensi
1.
أسنى المطالب الجزء الرابع:
2. الموسوع الفقهية
الجزء 17 ص: 162
3. الفقه الإسلامي وأدلته لوهبة الزحيلي الجزء السادس ص : 200-201
4. بغية المسترشدين ص :
250
5. التشريع الجنائى الجزء الأول ص : 687 - 688
6. فتح الباري الجزء الخامس ص :
124 دار الفكر
7. اتحاف السادة المتقين الجزء السابع ص:26 – 27 دار الفكر
Pertanyaan
Karena dinyatakan bersalah secara hukum negara,
benarkah terhadap jenazah teroris pasca eksekusi hukuman mati tidak perlu
dishalatkan dengan pertimbangan aksi teror itu dosa besar dan fasiq, terbukti
korban yang terbunuh ternyata sesama Muslim?
Jawaban
Tidak benar, kecuali pelaku teror meyakini bahwa
tindakan teror adalah legal.
Referensi
1.
أسنى المطالب الجزء الأول ص: 315
2. المنثور في القواعد الفقهية الجزء الثالث ص: 87-88
3. شرح السير الكبير الجزء الأول 102-103
4. الموسوعة الفقهية
الجزء السادس عشر ص: 5-46
Pertanyaan
Bolehkah orang melakukan bunuh diri guna
memperjuangkan sesuatu yang menjadi keyakinan pribadinya?
Jawaban
Tidak benar karena hal tersebut termasuk bunuh diri.
Referensi
1.
حاشية الجمل على المنهج الجزء الخامس ص: 182 – 183 دار الفكر
2. اتحاف السادة المتقين الجزء السابع ص :26 – 27 دار الفكر
3. إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 328 دار إحياء الكتب العربية
Pertanyaan
Hukuman bentuk apa yang dinilai tepat ditimpakan
kepada promotor/ pemberi indoktrinasi bunuh diri dengan pemahaman konsep jihad
yang salah dan menanamkan keyakinan status mati syahid serta kepastian sorga
kepada calon pelaku bom bunuh diri?
Jawaban
Hukuman yang tepat bagi pemberi indoktrinasi
adalah:
- Jika indoktrinasi dilakukan
dengan cara sejenis hipnotis hingga (calon) pelaku bom bunuh diri berada di
bawah alam sadar (sudah tidak punya ikhtiyar/tamyis) ketika menjalankan
tindakan pengeboman, maka pemberi indoktrinasi semacam ini harus diqishas
serta wajib menanggung segala kerugian akibat bom bunuh diri.
- Sedangkan jika indoktrinasi
dilakukan secara “wajar”, maka ia harus dita’zir dengan sesuai kebijakan
pemerintah.
Referensi
1.
أسنى المطالب الجزء الرابع ص: 8
2. المحلي الجزء الرابع
ص: 99
3. شرواني على تحفة المحتاج الجزء الثامن ص: 389
4. الأم الجزء السادس ص:
44
5. الأم الجزء السادس ص:
44
6. نهاية المحتاج الجزء
السابع ص: 260
7. أسنى المطالب الجزء الرابع ص: 16
VENUS COMMUNITY ‘15
(Viberasi Entitas Penulis
Pesantren)
Berangkat dari satu kesadaran bahwa, kita sedang hidup di abad bahasa, satu
dari sekian dinamika era global yang mendesak semua orang sanggup
mengekspresikan pikiran, ide, dan gagasan melalui tulisan, maka VENUS COMMUNITY
ini lahir.
Sulit dibantah bahwa, kenyataan tradisi tulis-menulis di lingkungan
pesantren betapa sangat memprihatinkan. Sebuah kondisi yang sangat paradoks
apabila coba dibandingkan dengan kekayaan khazanah literatur klasik (turâts)
yang menakjubkan itu.
Masa lalu sudah selesai. Kita hidup di hari ini, dan untuk masa depan. Bukan
pribadi hebat yang hanya pintar membanggakan masa lalu, namun terasing dan tak
berdaya menghadapi zamannya sendiri. Turâts, warisan mahal masa lalu itu,
hanya akan menjadi tumpukan-tumpukan usang yang tidak pernah beranjak keluar
dari bilik-bilik pesantren, tanpa “ketajaman pena” para santri
mentransvormasikannya ke tengah medan masyarakat global. Tanpa retorika para
santri yang “menggetarkan” peradaban, khazanah pesantren akan kian lusuh terbuang
ke pinggiran sejarah. Sementara dalam waktu yang sama, masyarakat kontemporer
akan semakin konsumtif dengan sajian tulisan-tulisan produk non-pesantren yang marketable.
Tanpa “tarian pena” secantik Bintang Kejora dari para santri, tanggung jawab
dan tugas sejarah akan direbut dan dimainkan “orang lain”. Itu bukan hal yang
baik.
Karenanya, KAMI TANTANG ANDA bergabung di VENUS COMMUNITY untuk bersama-sama
ikhtiar meledakkan potensi diri menjadi penulis professional yang menggetarkan
dunia.
PROGRAM VENUS COMMUNITY
- Briefing
keanggotaan VENUS COMMUNITY.
- Menyelesaikan
satu tulisan tiap 10 hari sekali, dengan topik dan bahan yang telah
ditentukan.
- Lomba karya
tulis ilmiah tiap bulan sekali dengan topik bebas.
- Sosialisasi
hasil-hasil tulisan.
- Memuat
beberapa tulisan terbaik di Mading Hidayah dan Majalah Misykat.
- Dll.
KETENTUAN
KEANGGOTAAN
- Siswa kelas III Tsanawiyah MHM Lirboyo angkatan 2011-2012
- Daftar melalui ketua kelas masing-masing.
- Mengisi formulir yang telah disediakan.