Jagad Pesantren

 BAHTSUL MASA'IL EDISI SIYASI

1.    URF SYAR'I TENTANG JIHAD
Deskripsi
Apakah kecenderungan peletakan istilah jihad dalam ungkapan Alqur'an dan Hadits Nabawi?
Jawaban.
Dalam Alquran dan Hadits tidak ada kecenderungan arti jihad pada makna tertentu. Jihad, dalam bahasa Alquran dan Hadits maknanya sesuai dengan konteks asbab al-nuzul dan asbab al-wurud-nya.
Referensi
1.        روح المعاني للألوسي الجزء السابع عشر ص: 209-210     دار إحياء التراث العربي
2.       أحكام القرأن للجصاص الجزء الثالث  ص 171-172  دار الفكر
3.       الموسوعة الفقهية الجزء السادس عشر ص: 125   وزارة الأوقاف والشئون الإسلامية بالكويت
4.       التاج والإكليل لمختصر خليل الجزء الرابع ص: 536-537 للعبدري المالكي دار الكتب العلمية
5.       الفوائد الجنية ص: 283 دار الفكر
6.       جمع الجوامع هامش حاشية البناني الجزء الأول ص: 327-328

Pertanyaan
Apakah amaliah nyata sebagai media mengekspresikan jihad bagi individu dan kelompok Muslim?
Jawaban
Amaliah nyata yang paling tepat dapat dilakukan melalui berbagai upaya maksimal (badzl al-Juhd) dengan tetap memperhatikan situasi dan kondisi, semisal dengan dakwah dan transformasi budaya di saat era komunikasi global memberi peluang melakukan Iqâmah ad-dalîl dengan berbagai media dan teknologi.
Referensi
1.        فقه السيرة ص170
2.       الفقه المنهجى على مذهب الإمام الشافعى المجلد الثالث ص: 475 دار القلم
3.       الموسوعة الفقهية الجزء السادس عشر ص: 125
4.       إعانة الطالبين الجزء الرابع ص: 180-181  دار الفكر
5.       رد المختار على الدار المختار الحنفي الجزء الرابع ص: 121
6.       كشاف القناع عن متن الاقناع بمنصور بن يونس البهيتى الحنبلى الجزء الثالث ص :36
Deskripsi
Bagaimana hukum berjihad di NKRI yang telah merdeka dan berdaulat?
Jawaban
Untuk jihad yang diartikan mengangkat senjata tidak diperbolehkan, karena mereka telah mendapatkan jaminan keamanan dari pemerintah, disamping juga sangat membahayakan pada umat Islam.
Referensi
1.        العزيز شرح الوجيز للإمام الرافعي الجزء الحادي عشر ص: 479 دار الكتب العلمية
2.       الفتاوى الهندية الجزء الثاني ص: 188  لجنة علماء برئاسة نظام الدين البلخي الحنفي دار الفكر
3.       بغية المسترشدين ص: 225
4.       بغية المسترشدين ص: 225
5.       قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين ص: 211-212
6.       قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين ص : 199- 200
7.       العزيز شرح الوجيز للإمام الرافعي الجزء الحادي عشر ص: 475
8.       المجالس السنية ص : 105
9.       التشريع الجنائى الإسلامى لعبد القادر عودة الجزء الأول ص :529-532 مؤسسة الرسالة
10.     شرح السير الكبير للسرخسي الحنفي الجزء الأول ص: 191 الشركة الشرقية للإعلانات
11.      الموسوعة الفقهية الجزء السادس ص: 235 وزارة الأوقاف الكويتية
12.     التفسير المنير لوهبة الزحيلي الجزء العاشر ص: 115
13.     الأحكام السلطانية للماوردي ص: 138 دار الفكر

Deskripsi
Sarana (instrumen) apa yang efektif dalam jihad bagi WNI di dalam negeri sendiri?
Jawaban
Iqamatul hujaj / dalil dengan berbagai cara yang efektif dan efisien.
Referensi
1.        مغنى المحتاج الجزء السادس ص: 10
2.       الموسوعة الفقهية الجزء السادس عشر ص: 125
Pertanyaan
Siapakah musuh atau sasaran yang menjadi target akhir dalam jihad?
Jawaban
Kaum musyrik yang menindas orang Islam dan melumpuhkan sendi-sendi agama Islam.
Referensi
1.        التشريع الجنائى الإسلامى الجزء الأول ص :529-532 مؤسسة الرسالة
2.       أحكام القرآن لابن العرابي الجزء الثانى ص: 456 دار الفكر

Deskripsi
Tepatkah jika tindak kekerasan (teror) merepresentasikan jihad kaum Muslimin di Indonesia?
Jawaban
Sangat tidak tepat, karena beberapa alasan:
  • Aksi teror bukanlah jihad.
  • Medan dan sasaran aksi teror tidak seperti ajaran jihad dalam Islam.
  • Banyak menjatuhkan korban warga yang tidak berdosa.
  • Tidak mengukur maslahah dan mafsadah dari aksi yang dilakukan.
  • Berdampak negatif pada umat Islam
Referensi
1.        حدود ابن عرفة لمحمد بن قاسم الرصاع  ص: 130       المكتبة العلمية
2.       كشاف القناع للبهيتي الجزء الثالث ص: 33 دار الكتب العلمية
3.       إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 315 - 316    دار إحياء الكتب
4.       إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 327
5.       حاشية الجمل على المنهج الجزء الخامس ص: 182 183  دار الفكر
6.       الأحكام السلطانية للماوردي  ص : 134   دار الفكر
7.       بغية المسترشدين ص : 156  دار الفكر
8.       الفقه الإسلامى وأدلته  لوهبة الزحيلي الجزء السا دس  ص: 423  دار الفكر
9.       الحاوى للفتاوى للسيوطي الجزء الأول ص : 123
10.     الحاوى للفتاوى للسيوطي الجزء الأول ص : 120
11.      إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 325 328 دار إحياء الكتب العربية

2.     JIHAD DALAM KEHIDUPAN BERNEGARA DAN BERMASYARAKAT
Pertanyaan
Dapatkah dibenarkan menurut ajaran Islam bila dilakukan jihad terhadap pemerintah RI dengan tuduhan sebagai negara kafir karena tidak menjalankan syari'at Islam sebagai hukum positif?
Jawaban.
Tidak dibenarkan, karena penegakan hukum Islam tidak harus dengan mendirikan negara yang berasaskan Islam, tapi cukup dengan memberlakukan undang-undang yang tidak bertentangan dengan hukum Islam.

Alt: Tidak dibenarkan, karena penegakan supremasi hukum Islam tidak diperbolehkan dengan melakukan revolusi total/kudeta terhadap pemerintahan yang masih menjamin kegiatan keagamaan di tanah air, dan cukup dengan melakukan amar ma'ruf nahi munkar sesuai prosedurnya. Dan, status Indonesia tidak menjadi negara kafir.
Referensi
1.        التشريع الجنائي الإسلامى لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 223  مؤسسة الرسالة
2.       التشريع الجنائى الإسلامى لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 101
3.       التاج والإكليل لمختصر خليل الجزء الثامن ص: 366  للعبدري المالكي  دار الكتب العلمية 
4.       الإمامة العظمى عند أهل السنة والجماعة لعبد الله بن عمر بن سليمان الدميجي ص : 589  دار الهيبة
5.       التشريع الجنائي الإسلامي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 290-291    مؤسسة الرسالة
6.       التشريع الجنائي الجزء الأول ص : 237  مؤسسة الرسالة
7.       بدائع الصنائع لأبي بكر مسعود بن أحمد الكاساني الجزء التاسع ص : 518-521 دار الكتب العربية
8.       الموسوعة الفقهية الجزء العشرون ص: 202-203        وزارة الأوقاف الكويتية
9.       تحقيق الوسيط الجزء الرابع ص: 292 دار الكتب العلمية  (أبي عمر الحسيني بن عمر بن عبد الرحيم)
10.     شرح السير الكبير للسرخسي الحنفي الجزء الأول ص 188-189 الشركة الشرقية للإعلانات
11.      إسعاد الرفيق الجزء الثانى ص: 93  دار إحياء الكتب
12.     حاشية الجمل على شرح المنهج الجزء الخامس ص: 182 183  دار الفكر
13.     اتحاف السادة المتقين الجزء السابع ص : 25 دار الفكر
14.     اتحاف السادة المتقين للزبيدي الجزء السابع ص: 27 دار الفكر
15.     إسعاد الرفيق الجزء الأول ص: 66
16.     الأدب النبوى لمحمد عبد العزيز الخولي ص: 96  دار الفكر
17.     الفقه الإسلامي وأدلته لوهبة الزحيلي الجزء السادس ص : 705
18.     اتحاف السادة المتقين الجزء السابع ص :26 27 دار الفكر
19.     التشريع الجنائى الإسلامى لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 228 229   مؤسسة
20.    التشريع الجنائى الإسلامى لعبد القادر عودة الجزء الأول ص : 101
Pertanyaan
Bolehkah dilaksanakan jihad dengan target mengganti NKRI yang berdasar Pancasila dan UUD 1945 menjadi Daulat Islamiyah?
Jawaban
Tidak dibenarkan, karena penerapan syariat Islam tidak harus dengan label undang-undang negara berdaulat Islamiyah. Namun tetap wajib melakukan amar ma'ruf nahi munkar pada pemerintah jika kebijakannya tidak sesuai dengan aturan syariat, dengan tetap memperhatikan prosedurnya.  
Referensi
1.        حجة الله البالغة الجزء للدهلوي الأول ص: 272-273  دار المعرفة
2.       قواعد الأحكام في مصالح الأنام لعز الدين ابن عبد السلام الجزء الأول ص: 77  دار الكتب العلمية
3.       التشريع الجنائى الإسلامى لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 223  مؤسسة الرسالة
4.       سبل السلام للصنعاني  ج 2 ص 374 دار الحديث
5.       الموسوعة الفقهية الجزء الثالث والثلاثون ص 297

Pertanyaan
Adakah perintah jihad melawan WNA yang tinggal di Indonesia dalam jangka waktu lama/ sementara dengan alasan negara asal mereka mengintimidasi umat Islam?
Jawaban.
Tidak ada perintah jihad dengan target WNA di Indonesia, karena mereka mendapat jaminan keamanan (kafir musta'man) dari pemerintah bagi yang tinggal sementara waktu dan menjadi kafir dzimmi bagi yang tinggal menetap.
Referensi
1.        بغية المسترشدين ص: 225
2.       حدود ابن عرفة ص: 130
3.       قرة العين بفتاوي إسماعيل الزين ص: 211-212
4.       قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين ص : 199- 200
Pertanyaan
Layakkah senjata organik TNI/Kepolisian RI distatuskan sebagai harta fai' dan boleh dilucuti dalam kerangka jihad?
Jawaban
Tidak layak, karena tidak sesuai dengan pengertian fai’ itu sendiri.
Referensi
1.        الموسوعة الفقهية الجرء الثامن ص 246-247
2.       تحفة المحتاج في شرح المنهاج الجرء السابع ص 129
Pertnyaan
Wajibkah diupayakan terbentuk pemerintahan internasional berasas Islam dengan sistem kepemimpinan khalifah dan negara-negara yang berpenduduk Muslim diberlakukan sebagai negara federal (manthiqi) pada masa sekarang?
Jawaban
Tidak wajib, karena membentuk Daulah Islamiyyah pada masa sekarang ini terbukti tidak efektif, menimbang luasnya wilayah dan keanekaragaman budaya.
Referensi
1.        الإمامة العظمى عند أهل السنة والجماعة لعبد الله بن عمر بن سليمان الدميجي ص: 551-561 دار الهيبة
2.       الجامع لأحكام القرآن (تفسير القرطبى) الجزء الأول ص : 273-274  دار الشعب
3.       الغياثي للإمام الحرمين  ص : 81                 دار الكتب العلمية
4.       الأحكام السلطانية للماوردى ص : 9    دار الفكر
5.       شرح النيل وشفاء العليل الجزء السابع عشر ص :517  (لمحمد بن يوسف بن عيسى أطفيش الإباضيمكتبة الإرشاد
6.       إعلام الموقعين لابن القيم الجوزية الحزء الثالث ص: 116 دار الكتب العلمية
7.       الموسوعة الفقهية الجزء السادس ص: 227
8.       الموسوعة الفقهية الجزء 11 ص: 43
9.       أسنى المطالب للشيخ زكريا الأنصاري الجزء الرابع ص: 111             دار الكتاب الإسلامي
10.     التشريع الجنائ الإسلامى الجزء الأول ص: 290-291    مؤسسة الرسالة
Pertanyaan
Apakah terhadap warga negara Indonesia yang menganut keyakinan/agama lain harus diposisikan sebagai musuh atau lawan dalam mengimplementasikan konsep jihad?
Jawaban
Tidak, kita harus selalu berdampingan mesra dengan mereka namun sembari mengajak mereka pada kebenaran Islam.
Referensi
1.        حدود ابن عرفة ص: 130 المكتبة العلمية
2.       مراح لبيد تفسير النووى الجزء الأول ص : 94  الناشر الرضى جاكرتا
3.       أحكام القرآن للجصاص الجزء الأول ص 618-619     دار الفكر
4.       أحكام القرآن لابن العرابي الجزء الثانى ص: 456 دار الكتب العلمية

3.     BERAGAMA ISLAM SECARA KAFFAH
Pertanyaan
Bagaimana kecenderungan mufassirin (mutaqaddimin-mutaakhirin) dalam menyimpulkan perintah memasuki Islam secara kaffah sesuai teks ayat (QS. Al-Baqarah: 208)?
Jawaban.
  •  Penerapan syariat secara utuh dan sempurna.
  •  Seluruh manusia yang beriman pada waktu itu (ahli kitab) diperintahakan masuk Islam
  •  Dapat memasukkan keduanya
Referensi
1.        اللباب في علوم الكتاب لأبي حفص عمر بن علي ابن عادل الدمشقي  الجزء الثالث ص: 474 دار الكتب العلمية
2.       اللباب في علوم الكتاب لأبي حفص عمر بن علي ابن عادل الدمشقي  الجزء الثالثص: 476-477 دار الكتب العلمية
3.       الفتوحات الإلهية الجزء الأول ص: 270 للجمل (سليمان بن عمر العجيلي الشافعي) مطبعة دار الفكر
4.       التفسير المنير لوهبة الزحيلي الجزء الثاني ص 232-233 دار الفكر المعاصر
5.       الجامع لأحكام القرآن للقرطبي الجزء الثالث ص: 22-23
6.       تفسير البيضاوي الجزء الأول  ص: 492-493  دار الفكر
Pertanyaan
a.     Apakah manifestasi berislam secara kaffah mengharuskan pemberlakuan syari'at Islam dalam kehidupan bernegara (konstitusional) dan kehidupan bermasyarakat (kultural) di Indonesia?
b.    Berdosakah orang Islam di Indonesia karena membiarkan tidak diamalkannya ajaran syari'at Islam oleh negara tempat ia menetap tinggal?
Jawaban
a.     Pemberlakuan syariat Islam secara konstitusional maupun kultural tidak harus dilakukan, selama konstitusi dan kultur di Indonesia masih mengindahkan tuntunan Alqur’an dan Assunnah.
b.    Tidak berdosa, selama telah berusaha melakukan amar ma’ruf dengan semampunya awalaupun hanya inkar bil qalbi.
Referensi
1.        غاية تلخيص المراد بهامش بغية المسترشدين ص : 263     دار الفكر
2.       بغية المسترشدين ص: 271     دار الفكر
3.       تشريع الجنائ الإسلامى الجزء الأول ص: 223  مؤسسة الرسالة
4.       التاج والإكليل لمحمد بن يوسف العبدري المالكي الجزء الثامن ص: 366    دار الكتب العلمية
5.       تشريع الجنائي الإسلامي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 290-291    مؤسسة الرسالة
6.       أحكام القرآن للجصاص الجزء الثاني ص: 686  دار الفكر
7.       فتح البارى الجزء الثالث عشر ص: 8   دار الفكر
Pertanyan
Bolehkah masing-masing WNI yang beragama Islam atau kelompok mereka menerapkan secara sepihak hukum publik yang menjadi bagian dari syari'at Islam (seperti hukum jinayat)?
Jawaban
Tidak diperbolehkan karena beberapa alasan:
  • Wewenang pelaksanaan hukuman had, mutlak ada ditangan Imam (pemerintah).
  •  Dampak maslahah yang dihasilkan relatif lebih kecil dibanding mafsadah yang ditimbulkan.
Referensi
1.       التشريع الجنائي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 755 مؤسسة الرسالة
2.       روضة الطالبين الجزء الأول ص: 102
3.       التشريع الجنائي الإسلامي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 757 مؤسسة الرسالة
4.       نصب الراية قي تخريج أحاديث الهداية الجزء الرابع ص: 120
5.       التشريع الجنائي الإسلامي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 293  مؤسسة الرسالة
6.       المحلي الجزء الرابع ص: 123 دار إحياء الكتب العربية
7.       السراج الوهاج ص : 491
8.       إ تحاف سادة المتقين  الجزء السابع ص: 46  دار الفكر
9.       نهاية الزين الجزء الأول ص: 367   دار الفكر
10.     حاشية الجمل على شرح المنهج الجزء الخامس ص: 182 183
11.      التشريع الجنائي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص: 752 مؤسسة الرسالة
12.     التشريع الجنائي لعبد القادر عودة الجزء الأول ص : 237  مؤسسة الرسالة                         
13.     إسعاد الرفيق الجزء الجزء الثانى  ص : 92  مكتبة " الهداية " سورابيا
14.     كشاف القناع للبهيتي الحنبلي الجزء السادس  ص: 78  دار الكتب العلمية
Pertanyaan
Sesuaikah dengan prinsip ahkam sulthaniyyah bila secara diam-diam sekelompok umat Islam di Indonesia membai'at dan mengesahkan amir/pemimpin Islam guna menjadi landasan legitimasi ibadah atau pengamalan agama kelompok tersebut?
Jawaban
Tidak sesuai, karena beberapa alasan, di antaranya:
  • Prosedur pengangkatan yang dilaksanakan tidak sesuai dengan tatacara syariat.
  • Kewajiban taat terhadap pemimpin yang telah ada meskipun jâir memberikan implikasi sebutan bughat/pembelot bagi kelompok yang indisipliner (tidak taat) serta berani memproklamirkan seorang pemimpin (al-muthâ’) di tengah-tengah kelompoknya, dlsb.
  • Kecuali jika yang dikehendaki dengan Amir atau pemimpin Islam di sini sekedar pemimpin spiritual bukan pemimpin negara.
Referensi
1.        الإمامة العظمى عند أهل السنة والجماعة  ص: 158  دار طيبة
2.       حاشية الباجوري الجزء الثاني ص : 371
3.       اتحاف السادة المتقين الجزء الثانى ص: 232-233    دار الفكر
4.       حاشية الجمل شرح المنهج الجزء الخامس ص : 336
5.       الأحكام السلطانية للماوردي ص:6
6.       الإمامة العظمى عند أهل السنة والجماعة  ص : 84 - 85  دار طيبة
7.       الفقه الإسلامى وأدلته لوهبة الزحيلي الجزء السادس ص : 685
8.       كشاف القناع للبهوتى الحنبلى الجزء السادس  ص  : 205
9.       التشريع الجنائى الإسلامي لعبد القادر عودة  الجزء الثانى ص: 675
Pertnyaan
Sebagai konsekuensi Islam kaffah, haruskah dilakukan jihad guna menangkal praktik kemungkaran oleh WNI non-Muslim, seperti lokalisasi PSK, penjualan/ konsumsi minuman keras, budidaya hewan babi, arena hiburan yang penuh maksiat, dan lain sebagainya?
Jawaban
Dalam konteks ke-Indonesia-an, upaya penanggulangan maksiat seperti di atas harus sesuai dengan konsep dan prinsip amar ma’ruf nahi munkar, bukan jihad.
Referensi
1.        حاشية الجمل على شرح المنهج الجزء الخامس ص: 182  دار الفكر
2.       اتحاف السادة المتقين الجزء السابع ص : 25 دار الفكر
3.       اتحاف السادة المتقين الجزء السابع ص: 27 دار الفكر
4.       بغية المسترشدين  ص: 251 252 دار الفكر
5.       إسعاد الرفيق الجزء الأول ص: 66
6.       اتحاف السادة الجزء السابع ص : 25 دار الفكر
7.       إحياء علوم الدين الجزء الثاني ص : 337دار احياء الكتب العربية
8.       قواعد الأحكام الجزء الأول ص : 77 دار الكتب العلمية
9.       الحاوى للفتاوى الجزء الأول ص : 120
10.     إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 327

4.     STATUS MATI SYAHID BAGI PELAKU BOM BUNUH DIRI
Deskripsi
Apa sajakah kriteria agar terpenuhi status mati syahid dengan prospek masuk sorga menurut pandangan ulama ahli syari'at?
Jawaban
  • Kriteria syahid dunia dan akhirat adalah mereka yang nyata meninggal atau kecil peluang hidupnya disebabkan peperangan melawan kaum kufar di medan peperangan.
  • Sedangkan syahid akhirat adalah mereka yang meninggal dunia disebabkan penyakit perut, tenggelam, terkena wabah Tha’un, mati karena i’syqan (rindu berat), sebab sakitnya melahirkan, terbunuh secara dhalim, saat mengembara, saat menuntut ilmu, terbakar, tertimpa reruntuhan, mati mendadak, mati di negara kafir, mati karena mempertahankan harta, nyawa, saudara dan tetangga dan mereka yang mati dalam memperjuangkan amar ma’ruf nahi munkar. Semuanya ini dengan syarat tidak didahului oleh sebab-sebab maksiat.
Referensi
1.        نهاية الزين ج: 1 ص: 160- 161
2.       فيض القديرالجزء الرابع ص: 410
3.       الترمسي الجزء الثالث ص: 454-456
4.       إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 237 دار احياء الكتب العربية
5.       اتحاف السادة المتقين الجزء السابع ص:26 27 دار الفكر
Pertanyaan
Syahidkah jenazah gerakan separatis yang ingin memisahkan diri dari NKRI dan menciptakan negara Islam untuknya?
Jawaban
Tidak, namun apabila didasari keyakinan yang benar (ta’wil sa’igh), jenazahnya dihukumi muslim dan tidak menutup kemungkinan ia juga termasuk syahid akhirat.
Referensi
1.        الموسوعة الفقهسة الجزء الثامن ص: 151
2.       الأم للإمام الشافعي الجزء ارابع ص: 235  دار المعرفة
3.       إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 328     دار إحياء الكتب العربية
4.       الزواجر عن اقتراف الكبائر لابن حجر الهيتمي الجزء الثاني ص: 280-281 دار الفكر
Pertanyaan
Berstatus mati syahid-kah pelaku teror di Indonesia yang berdasar hukum positif (UU anti terorisme) harus dieksekusi sesuai putusan majlis hakim yang mengadilinya?
Jawaban
Tidak bisa
Referensi
1.        أسنى المطالب الجزء الرابع:
2.       الموسوع الفقهية الجزء 17 ص: 162
3.       الفقه الإسلامي وأدلته لوهبة الزحيلي  الجزء السادس ص : 200-201
4.       بغية المسترشدين ص : 250
5.       التشريع الجنائى الجزء الأول ص : 687 - 688
6.       فتح الباري الجزء الخامس  ص : 124  دار الفكر
7.       اتحاف السادة المتقين الجزء السابع ص:26 27 دار الفكر
Pertanyaan
Karena dinyatakan bersalah secara hukum negara, benarkah terhadap jenazah teroris pasca eksekusi hukuman mati tidak perlu dishalatkan dengan pertimbangan aksi teror itu dosa besar dan fasiq, terbukti korban yang terbunuh ternyata sesama Muslim?
Jawaban
Tidak benar, kecuali pelaku teror meyakini bahwa tindakan teror adalah legal.
Referensi
1.        أسنى المطالب الجزء الأول ص: 315
2.       المنثور في القواعد الفقهية الجزء الثالث ص: 87-88
3.       شرح السير الكبير الجزء الأول 102-103
4.       الموسوعة الفقهية الجزء السادس عشر ص: 5-46
Pertanyaan
Bolehkah orang melakukan bunuh diri guna memperjuangkan sesuatu yang menjadi keyakinan pribadinya?
Jawaban
Tidak benar karena hal tersebut termasuk bunuh diri.
Referensi
1.        حاشية الجمل على المنهج الجزء الخامس ص: 182 183  دار الفكر
2.       اتحاف السادة المتقين الجزء السابع ص :26 27 دار الفكر
3.       إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص : 328 دار إحياء الكتب العربية
Pertanyaan
Hukuman bentuk apa yang dinilai tepat ditimpakan kepada promotor/ pemberi indoktrinasi bunuh diri dengan pemahaman konsep jihad yang salah dan menanamkan keyakinan status mati syahid serta kepastian sorga kepada calon pelaku bom bunuh diri?
Jawaban
Hukuman yang tepat bagi pemberi indoktrinasi adalah:
  • Jika indoktrinasi dilakukan dengan cara sejenis hipnotis hingga (calon) pelaku bom bunuh diri berada di bawah alam sadar (sudah tidak punya ikhtiyar/tamyis) ketika menjalankan tindakan pengeboman, maka pemberi indoktrinasi semacam ini harus diqishas serta wajib menanggung segala kerugian akibat bom bunuh diri.
  • Sedangkan jika indoktrinasi dilakukan secara “wajar”, maka ia harus dita’zir dengan sesuai kebijakan pemerintah.
Referensi
1.        أسنى المطالب الجزء الرابع ص: 8
2.       المحلي الجزء الرابع ص: 99
3.       شرواني على تحفة المحتاج الجزء الثامن ص: 389
4.       الأم الجزء السادس ص: 44
5.       الأم الجزء السادس ص: 44
6.       نهاية المحتاج الجزء السابع ص: 260
7.       أسنى المطالب الجزء الرابع ص: 16




VENUS COMMUNITY ‘15
(Viberasi Entitas Penulis Pesantren)


Berangkat dari satu kesadaran bahwa, kita sedang hidup di abad bahasa, satu dari sekian dinamika era global yang mendesak semua orang sanggup mengekspresikan pikiran, ide, dan gagasan melalui tulisan, maka VENUS COMMUNITY ini lahir.
Sulit dibantah bahwa, kenyataan tradisi tulis-menulis di lingkungan pesantren betapa sangat memprihatinkan. Sebuah kondisi yang sangat paradoks apabila coba dibandingkan dengan kekayaan khazanah literatur klasik (turâts) yang menakjubkan itu.
Masa lalu sudah selesai. Kita hidup di hari ini, dan untuk masa depan. Bukan pribadi hebat yang hanya pintar membanggakan masa lalu, namun terasing dan tak berdaya menghadapi zamannya sendiri. Turâts, warisan mahal masa lalu itu, hanya akan menjadi tumpukan-tumpukan usang yang tidak pernah beranjak keluar dari bilik-bilik pesantren, tanpa “ketajaman pena” para santri mentransvormasikannya ke tengah medan masyarakat global. Tanpa retorika para santri yang “menggetarkan” peradaban, khazanah pesantren akan kian lusuh terbuang ke pinggiran sejarah. Sementara dalam waktu yang sama, masyarakat kontemporer akan semakin konsumtif dengan sajian tulisan-tulisan produk non-pesantren yang marketable. Tanpa “tarian pena” secantik Bintang Kejora dari para santri, tanggung jawab dan tugas sejarah akan direbut dan dimainkan “orang lain”. Itu bukan hal yang baik.
Karenanya, KAMI TANTANG ANDA bergabung di VENUS COMMUNITY untuk bersama-sama ikhtiar meledakkan potensi diri menjadi penulis professional yang menggetarkan dunia.

PROGRAM VENUS COMMUNITY
  1. Briefing keanggotaan VENUS COMMUNITY.
  2. Menyelesaikan satu tulisan tiap 10 hari sekali, dengan topik dan bahan yang telah ditentukan.
  3. Lomba karya tulis ilmiah tiap bulan sekali dengan topik bebas.
  4. Sosialisasi hasil-hasil tulisan.
  5. Memuat beberapa tulisan terbaik di Mading Hidayah dan Majalah Misykat.
  6. Dll.
 KETENTUAN KEANGGOTAAN
  1. Siswa kelas III Tsanawiyah MHM Lirboyo angkatan 2011-2012
  2. Daftar melalui ketua kelas masing-masing.
  3. Mengisi formulir yang telah disediakan.

 
Twitter Facebook RSS YouTube Google
Copright © 2014 | ReDesign By Akibasreet